Maaf kami tdk melayani segala bentuk pertanyaan melalui sms yang tdk ada hubungannya dgn Jual Beli karena segala macam pertanyaan yang ada hubungannya dengan artikel sudah tersedia dikolom komentar dan pertanyaan ato komentar yg menggunakan id Anonymous tdk dijawab ato akan dihapus

Cara Merawat Kenari Yorkshire

Cara merawat kenari yorkshire. Karena bentuknya yang lebih besar di bandingkan dengan kenari import lainnya dan berbulu tebal tentu perawatan Kenari Yorkshire lebih dan perlu penanganan khusus. Tiap peternak atau penghobies kenari mempunyai trik sendiri-sendiri dan agar bisa beradaptasi dengan suhu tropis maka Yorkshire harus sering di jemur tiap pagi. Tapi ingat kalo anda baru membeli di importir jgn lsng di jemur begitu sdh sampai di rumah tetapi biarkan dulu beberapa hari atau minggu dulu di ruangan rumah anda agar Ys bisa lebih tenang dan beradaptasi dgn lingkungan disekitarnya.

Setelah dirasa cukup memungkinkan maka Yorkshire atau Ys bisa di latih untuk di jemur cukup 30 menit dimulai dari jam 7 pagi, setelah dirasa agak memungkinkan maka intensitas penjemuran bisa ditingkatkan menjadi 1 jam sampai 2 jam. Dalam penjemuran Ys tidak perlu dimandikan dengan di semprot tetapi cukup disediakan saja tempat yang cukup untuk mandi Yorkshire karena Ys akan mandi sendiri kalo dirasa dirinya merasakan kepanasan.

Kenari Yorkshire


Dalam memberikan pakan biji-bijian untuk kenari dan Yorkshire anda bisa menggunakan makanan import atau lokal bahkan anda bisa meraciknya sendiri dengan membeli biji-bijian scr kiloan atau ons2 an, memberi makanan dgn sistim ini jauh lebih efisiensi dan murah. Anda tidak perlu kuatir memberikan dgn cara ini karena biji-bijian inipun sesungguhnya juga merupakan biji-bijian import juga jd anda tdk perlu kuatir akan kandungan nutrisi atau nilai gizinya. Agar hasilnya lbh maksimal lebih baik ketika memberikan telur puyuh kalo anda berkeinginan memberikannya jagan lupa dioleskan Minyak ikan yang bisa anda beli di Apotek dsb. Seandainya anda tdk akan memberikan telur puyuh lbh baik minyak ikan tadi di teteskan di dalam paruhnya karena minyak ikan banyak memiliki atau sangat komplate kandungan gizinya kecuali vitamin C yang tdk dipunyai oleh minyak ikan. Untuk itu ada kalanya diberikan tersendiri buah-buahan seperti buah apel atau buah pear.

Mengenai cara meracik biji-bijian untuk makanan kenari silakan anda baca di halaman makanan untuk kenari dan yorkshire atau silakan klik pada label Pakan kenari. Untuk lebih membuka wawasan tentang hal ini berikut saya copaskan dari omkicau.com siapa tau bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.


1. Begitu membeli burung, Anda harus sudah menyiapkan multivitamin untuk memastikan daya tahan tubuhnya tidak mudah drop. Meskipun begitu datang di kandang importirnya pasti diberi multivitamin penambah daya tahan, Anda harus rutin memberikan selama pekan-pekan pertama pemeliharaan.

2. Pada pekan-pekan pertama perawatan, jangan diberi sayur atau hijauan dulu. Sebab, kenari imporan belum terbiasa diberi sayuran kawasan tropis. Jika Anda paksakan, kenari memang doyan sayur tetapi alat pencernaannya belum terbiasa mencerna sayuran tropis. Sayur bisa mulai diberikan setelah daya tahan tubuh burung dipastikan kuat, dan penambahan porsinya secara bertahap. Jangan langsung main gantung sayur segepok seperti memberi kenari yang sudah lama dirawat.

3. Berikan pakan berupa biji-bijian standar lengkap. Beli pakan mahal sedikit nggak masalah untuk memastikan kelengkapan jenis dan ragam biji yang dikandung di dalamnya.

4. Pastikan burung dikerodong di malam hari untuk menghindarkannya dari gigitan nyamuk. TETAPI, jangan gunakan kerodong yang terlalu rapat, sebab justru akan membuat burung kenari imporan tertekan. Ingat, bahwa rata-rata kenari diimpor dari kawasan dingin. Jadi, yang Anda perlukan hanyalah memastikan dia tidak digigit nyamuk dan kena terpaan angin secara langsung pada malam hari.

5. Jangan dipaksakan mandi apalagi dengan disemprot. Beri saja wadah air yang agak besar yang memungkinkan burung leluasa untuk mandi sendiri.

Ancaman dan gangguan

Pastikan juga kenari yorkshire imporan dibebaskan dari kutu, gurem, cacing dan serangga lainnya. Parasit-parasit pengganggu ini jika menyerang yorkshire yang sedang dalam proses penyesuaian dengan iklim tropis, akan beriko buruk dan kadang berakibat fatal.

Ancaman lain yang menghantui burung imporan baru adalah polusi udara. Polutan bisa berasal dari asap bakaran sampah, asap knalpot, asap rokok, aerosol, asap dapur, gas elpiji dan lain-lain.

Untuk itu, tempatkan kenari baru Anda di ruangan yang cukup berventilasi, tetapi tidak ada terpaan angin secara langsung.
Penyakit yang perlu diwaspadai

Ancaman penyakit yang pertama-tama perlu diwaspadai untuk kenari yorkshire imporan adalah infeksi saluran pernafasan, radang mata dan infeksi di alat pencernaan. Berkaitan dengan hal itu, pastikan Anda sudah menyiapkan obat-obatan sebelumnya, sehingga ketika kondisi darurat, Anda sudah tidak kebingungan untuk menanganinya.

Untuk calon indukan

Kebanyakan dari pembeli kenari yorkshire adalah sebagai calon indukan untuk menghasilkan kenari silangan. Untuk mempercepat proses perbaikan alat reproduksi kenari, ada baiknya Anda sudah melakukan persiapan sejak awal dengan memberikan pakan dan asupan yang berpengaruh terhadap fungsi reproduksi burung.

2 comments:

Unknown mengatakan...

Ada kah referensi pakan impor yang bagus..dengan meek apa??

Anonim mengatakan...

prestige

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More