Maaf kami tdk melayani segala bentuk pertanyaan melalui sms yang tdk ada hubungannya dgn Jual Beli karena segala macam pertanyaan yang ada hubungannya dengan artikel sudah tersedia dikolom komentar dan pertanyaan ato komentar yg menggunakan id Anonymous tdk dijawab ato akan dihapus

Persilangan Dalam Kenari

Istilah dalam persilangan kenari terutama dari persilangan dengan trah Kenari Yorkshire di tiap daerah berbeda-beda dalam penyebutannya atau penamaan istilahnya, menurut para master istilah persilangan di Indonesia dan di eropa sangat jauh berbeda tetapi itu tidak menghilangkan arti dari jenis persilangan itu dalam kita memahaminya. Di dalam dunia biologi, ada induk (jantan dan betina) sebagai PARENTAL (P). Hasil keturunan dari perkawinan induk tersebut menghasilkan FELIAL (F).





Breeding Kenari yang ingin menghasilkan keturunan yang lebih baik, sifat unggul dari salah satu induk (bahkan kedua induk) di dapatkan dengan menyilangkan kembali hasil keturunan (F) dengan basic blood dari induk (P).

Nahhh, ini bisa berlangsung sampai 4-7 tingkatan Breeding Chart. Di hasilkan F1 sampai F7, dan seterusnya. Penerapan istilah FELIAL (F) di dalam dunia Kenari Indonesia sudah salah kaprah dari yang semestinya. Penggunaan istilah F1, F2, F3, AF (Anak FELIAL) dianggap hanya untuk Kenari hasil silangan Yorkshire saja. Padahal ini berlaku untuk semua hasil perkawinan silangan Kenari.

Disamping itu juga, ada kerancuan dalam pengertian F1, F2, F3 dst untuk hasil Kenari breedingnya. Tapi yang penting kita bisa memahami pengertian yang di maksudkan.


Sebagai Visualisasinya seperti ini yang saya Pahami menurut istilah di Yogyakarta:

Ys x Af atau Lokal = F1ys
Ys x F1ys                = F2ys
Ys x F2ys                = F3ys
Ys x F3ys                = F4ys
Ys x F4ys                = F5ys atau sudah bisa disebut YS Lokal

Bahkan di daerah lain F3ys sudah bisa di bilang YS lokal. Kalau menurut para peternak di Jogja YS lokal itu di hasilkan dari YS x F4ys karena dari hasil persilangan ini dari segi Postur dan wajah atau muka sudah mirip sekali dengan YS. Untuk F3ys belum atau masih jauh sekali mendekati dengan YS dilihat dari sisi Wajahnya tetapi untuk Postur sudah bisa masuk kedalam kriteria itu. Dan memelihara YS lokal lebih mudah perawatannya, lebih cepat bunyi dsb ketimbang dengan YS import, maka tidak heran kalo YS lokal lebih mahal dari pada YS import  yang perawatannya jauh lebih ekstra dan dalam birahi serta kawinnya sangat susah ketimbang dgn YS lokal. Bagi para pembaca yang tertarik dan ingin membeli kenari dari luar daerah hasil persilangan tersebut baik dari Trah YS ataupun lokal, alangkah baiknya anda menanyakan hasil persilangan antara apa dengan apa agar anda tidak kecewa dikarenakan ternyata Kenari tersebut jenisnya berbeda dengan yang anda maksudkan atau yang sesuai dengan di daerah anda.

Sedangkan yang Trah lokal

Af/lokal  x Af/lokal      = Lokal
Af/lokal x F1ys           = AF 
F1ys x F1ys                = AF Super
F2ys x AF                    = AF super
F2ys x F1ys                = F1 lokal
F2ys x F2ys                = F2 lokal

Arti dari AF sendiri adalah Anakan Fe

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More