Maaf kami tdk melayani segala bentuk pertanyaan melalui sms yang tdk ada hubungannya dgn Jual Beli karena segala macam pertanyaan yang ada hubungannya dengan artikel sudah tersedia dikolom komentar dan pertanyaan ato komentar yg menggunakan id Anonymous tdk dijawab ato akan dihapus

Cara Memerahkan Kenari Merah

Cara Memerahkan Kenari Merah Red Factor dan Red Intensive
Red Intensive


Kenari merah dewasa harus selalu diberi makanan yang mengandung pakan yang bisa memacu dan menjaga warna tersebut (campuran canthaxanthin dan beta-carotene). Jika tidak, lama kelamaan warna merahnya bakal pudar. Utamanya jika dia sedang moltin/mabung. Jika tidak, maka warna merahnya bisa hilang sama sekali dan tinggal warna kuning.

Kenari merah mabung
Ketika burung kenari merah entah itu red factor, red intensive, red fross, red agate dsb mengalami molting/mabung, maka kondisi fisik sangat menurun dan biasanya burung stress serta berkurang nafsu makannya.
Namun demikian hal ini bisa diatasi dengan cara memberikan ramuan makanan buatan sehingga nafsu makan meraka tetap terjaga. Misalnya dengan memberikan pakan buatan yang merupakan campuran telur, daging atau ikan laut, biji-bijian dan kacang-kacangan yang semuanya dimasak dan dicampur-ratakan dengan baik. Pakan ini akan memberikan protein yang baik untuk burung. Penambahan protein tertentu sangat dianjurkan untuk menguatkan dan mencerahkan bulu burung.





Cara menumbuhkan dan merawat warna merah ala Sunhaji Malang:
Suatu saat saya ke Malang dan bertemu dengan Pak Sunhaji Malang. Dia bercerita mengenai pengalamannya menumbuhkan dan merawat warna merah pada kenari dengan menggunakan cabe merah besar/kopong.
Ketika kenari memasuki masa mabung, dia menyarankan untuk diberi cabe merah besar (bukan cabe merah keriting) yang dibelah menjadi dua dan digantungkan di sangkar burung untuk dimakan burung.

Saya bertanya mengenai kemungkinan burung kepedasan dan sakit, dia mengatakan tegas: “Tidak. Saya pernah mencoba. Itu lebih alami ketimbang menggunakan zat kimia yang juga dijual di pasaran….”
Bagaimana hasil dari warna merah pada kenari yang diberi konsumsi cabe tersebut, dia menjawab yakin pula: “Kalau asalnya merah, ya tetap merah. Kalau semula tidak merah (bisa kuning. isabel dsb) akan muncul warna merah.”
Photobucket
Cabe merah besar
cabe keriting
Cabe keriting

Saya tegaskan lagi pertanyaan, “semerah apa?”. Dia menjawab, ”Ya merah sebagaimana merahnya warna kenari merah yang diberi konsumsi obat kimiawi pemerah bulu…”
Karena saya belum pernah mencoba sendiri, sementara ini saya percaya saja kepada Pak Sunhaji karena dia memang sudah bergelut lama dalam perkenarian; baik sebagai importir, pedagang grosiran maupun eceran, juga menangkar sendiri kenari-kenari eks impor ataupun lokalan.
Semoga bermanfaat

4 comments:

Cantrik mengatakan...

Bro, pak Sunhaji ini yg alamatnya Mergosono Gg II itu ya, depan gangnya ada patung Buto?

fendyblog mengatakan...

Ya sebenarnya tiap peternak mempunyai cara sendiri-sendiri dalam memerahkan atopun menanjamkan warna merahnya. Ya coba aja tanyakan aja mas brow benar tdknya...

Anonim mengatakan...

wah patut di coba

Anonim mengatakan...

kiro2 rego piro kenari anakan sing betina broo??

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More